Skincare

Begini Basic Skincare Routine J-Beauty, Awet Muda dengan Cara Minimalis!

Skincare routine Jepang
(Shutterstock)

Rahasia kulit wanita Korea, atau K-Beauty, sudah banyak yang tahu. Namun, bagaimana dengan rutinitas perawatan wajah ala wanita Jepang?

Wanita Jepang dikenal dengan kulitnya yang halus, kenyal, dan awet muda. Di balik kulit yang tak menua tersebut ternyata ada perawatan ala J-Beauty yang fokus pada basic skincare routine.

Sama halnya dengan K-Beauty, sebenarnya J-Beauty juga memiliki 10 step skincare yang kompleks. Namun belakangan ini wanita Jepang lebih sering menerapkan 5 langkah dasar untuk merawat kulit.

 

1. Double cleansing dengan cleansing oil, jangan sampai terlewat!

Basic skincare routine
(Getty Images)

Wanita Jepang tidak pernah melewatkan rutinitas double cleansing. Ini lah salah satu rahasia kulit mereka yang halus, sebab mereka selalu membersihkan wajah dengan benar.

Di Jepang, produk first cleansing yang paling populer adalah cleansing oil. Mereka lebih senang meluruhkan sisa makeup, kotoran, dan sunscreen dengan cleansing oil daripada jenis yang lain.

Selain itu, penggunaan cleansing oil juga lebih praktis karena hanya perlu air untuk membersihkannya.

 

2. Lanjutkan dengan water cleanser

Basic skincare routine
(Getty Images)

Jika biasanya kita terbiasa menyebut second cleanser sebagai facial wash atau facial foam, J-Beauty menyebutnya sebagai water cleanser.

Step ini sebagai step lanjutan pembersihan wajah dengan pembersih berbahan dasar air untuk mengangkat residu yang mungkin tertinggal saat menggunakan oil cleanser.

Wanita Jepang biasanya akan memilih water cleanser yang memiliki pH seimbang agar tidak membuat kulit kering setelah mencuci wajah yang dapat berpotensi menimbulkan garis halus.

 

baca juga: CARA DOUBLE CLEANSING WANITA JEPANG, RAHASIA KULIT BENING TANPA MASALAH

 

3. Bukan toner atau essence, tapi lotion!

Toner Jepang
(Freepik)

Nah, ini dia yang unik dan berbeda dari J-Beauty. Biasanya, kita akan menggunakan toner atau essence yang memiliki tekstur cair seperti air sebelum melanjutkan ke step skincare berikutnya.

Pada basic skincare routine J-Beauty, wanita Jepang biasanya menggunakan lotion atau produk yang disebut softener untuk mengembalikan kelembapan kulit.

Lotion atau softener biasanya memiliki konsistensi yang sedikit lebih tebal daripada essence.

Meskipun memiliki tekstur dan nama yang berbeda, namun step ini sama-sama berfungsi untuk mempersiapkan kulit sebelum menggunakan produk skincare yang lebih tebal.

 

4. Moisturizer atau emulsion juga penting

Perawatan kulit wanita Jepang
(jcomp/Freepik)

Basic skincare routine wanita Jepang memang minimalis dan nggak neko-neko. Mereka memfokuskan perawatannya pada kelembapan kulit.

Step pelembap biasanya juga bisa digantikan dengan emulsion, namun keduanya sama-sama berfungsi membentuk penghalang di atas kulit yang bertujuan untuk melindungi kulit dari kerusakan.

Kamu bisa pilih moisturizer yang ringan dan mudah meresap, seperti Sariayu Bright Skin Putih Langsat Moisturizer. Moisturizer ini bertekstur cukup tebal, namun mudah diratakan dan cepat meresap di kulit.

 

baca juga: MEMASUKI UMUR 30 TAHUN, LAKUKAN 5 TIPS SKINCARE INI BIAR TETAP AWET MUDA

 

5. Terakhir, kunci dengan sunscreen

Pemakaian sunscreen
(lovebylaur)

Tahapan terakhir yang tidak boleh terlewatkan adalah penggunaan sunscreen. Orang Jepang sangat berdedikasi dalam melindungi kulit dari sinar UV, lho.

Nggak heran kalau kulit mereka masih mulus dan bebas kerut di usia yang tak lagi muda. Ternyata mereka memang rajin banget pakai sunscreen setiap hari.

Bahkan sejak kecil mereka sudah mendidik anak mereka untuk rajin menggunakan sunscreen. Wah, berdedikasi banget, ya!

Hayo siapa nih yang masih mager pakai sunscreen atau reapply sunscreen setiap 2 jam sekali? Yuk, mulai biasakan apply dan reapply sunscreen biar kulit jadi awet muda seperti wanita Jepang!

 


Itu dia rahasia di balik kulit mulus dan awat muda wanita Jepang. Ternyata, mereka fokus pada basic skincare routine untuk merawat skin barrier tetap kuat supaya terhindar dari masalah kulit.

Gimana, tertarik mencoba basic skincare routine ala J-Beauty ini?

Kamu bisa meniru step skincare ala J-Beauty di atas dengan menggunakan produk-produk Martha Tilaar. Cek webstore Martha Tilaar Shop dan checkout skincare incaranmu sekarang!

Related posts

(KALEIDOSKOP) Tren Skincare Paling Viral 2021

Khanza Sabrina Salsabila

Mager Pakai Sunscreen? Ini Bahaya yang Mengintai Kulitmu!

Double Cleansing Setiap Hari, Pentingkah?

Khanza Sabrina Salsabila

Perbedaan Fungal Acne dan Bruntusan. Gimana Cara Mengatasinya?

Khanza Sabrina Salsabila
%d bloggers like this: