Skincare

Pentingnya Facial Massage, Ternyata Bisa Bikin Glowing dan Awet Muda!

Facial massage
(iStock)

Rahasia awet muda tidak hanya didapatkan dari rangkaian skincare antiaging, lho. Tapi bisa juga dengan facial massage. 

Facial massage atau pijat wajah ini merupakan teknik perawatan wajah yang dilakukan dengan cara menekan titik-titik rangsangan pada wajah, leher, dan bahu.

Pijat wajah umumnya dilakukan oleh terapis di klinik kecantikan, namun kamu juga bisa melakukannya sendiri di rumah. Biasanya, facial massage dilakukan menggunakan oil atau lotion dengan bantuan face roller atau gua sha.

Selain bikin awet muda, ternyata ada banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari pijat wajah, lho!

 

1. Mencegah kerutan dan penuaan dini

Mengurangi kerutan
(iStock)

Manfaat facial massage yang paling utama adalah mencegah kerutan dan datangnya penuaan. Masa sih, tanda penuaan seperti garis halus, kerutan, hiperpigmentasi, dan bintik hitam dapat teratasi?

Bukannya teratasi secara 100%, namun dengan rutin melakukan pijat wajah dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan tersebut karena struktur kulit yang baik mulai terbangun.

Ini dikarenakan pijat wajah mampu meningkatkan sirkulasi darah yang membantu meningkatkan produksi kolagen. Pijat wajah juga membuat kulit lebih elastis, lho. Ini akan membuat kulit tampak awet muda.

 

2. Melancarkan aliran darah

MAnfaat-facial-massage
(Shutterstock)

Seorang ahli kecantikan bernama Julai Baba mengatakan bahwa facial massage yang merangsang otot-otot wajah, leher, atau bahu meningkatkan pasokan oksigen di area tersebut, alliran darah pun jadi lebih lancar.

Nggak cuma itu, Julia Baba juga menambahkan pijat wajah juga dapat membantu peningkatan produksi kolagen yang bikin kulit jadi lebih glowing!

 

3. Meremajakan kulit

Facial massange
(Anete Lusina/Pexels)

Rutin melakukan pijat wajah dapat meningkatkan relaksasi otot-otot wajah dan kesehatan kulit.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2018 menunjukkan keefektifan facial massage yang menggunakan jade roller atau flat gua sha dapat mendorong peremajaan kulit.

 

baca juga: (REVIEW) SARIAYU ECONATURE NUTREAGE, KRIM MALAM PENGGANTI BOTOX?

 

4. Mengurangi ketegangan

Facial massage
(digitaloceanspaces.com)

Otot-otot wajah yang tegang juga bisa jadi salah satu pemicu penuaan. Ini disebabkan manusia secara tidak langsung sering mengerutkan dahi ketika sedang lelah atau stres.

Jangan anggap hal ini sepele. Sebab jika berlangsung secara terus-menerus, garis halus akan tampak jelas pada wajah.

Namun, ketegangan bisa kamu redakan dengan melakukan pijat wajah pada titik-titik tertentu. Selain membantu otot menjadi lebih rileks, pijat wajah juga membuat kulit tetap kencang dan tidak kendur.

 

5. Membantu penyerapan skincare lebih baik

Face cream
(Shutterstock)

Pijat wajah juga membantu penyerapan skincare jadi lebih meresap di kulit. Kamu bisa melakukannya setiap malam pada rutinitas skincare malam.

Bersihkan dulu kulitmu dengan metode double cleansing, kemudian lanjutkan dengan penggunaan toner dan serum. Setelah itu, kamu bisa gunakan face cream atau face oil untuk memulai pijatan.

Kamu bisa melakukannya dengan tangan kosong dengan cara memijat lembut wajah dengan gerakan ditarik ke atas. Ini tujuannya agar wajah tidak turun dan kendor.

 

baca juga: TIPS MEMILIH SKINCARE UNTUK USIA 40 TAHUN KE ATAS

 

6. Menutrisi kulit

Jade roller
(Getty Images)

Jika kamu belum terbiasa melakukan face massage menggunakan jari-jari, kamu juga bisa cari opsi dengan menggunakan beauty tools seperti jade roller atau flat gua sha

Lakukan pijatan dengan gerakan ke atas selama 5 hingga 10 menit di bawah kulit yang masih lembap karena face cream atau face oil.

Kamu juga bisa menggunakan teknik ini dengan face roller saat sedang menggunakan sheetmask, lho! Rasanya yang dingin membuat kulit makin rileks. 

 

7. Mencegah jerawat muncul

Facial massage
(Shutterstock)

Last but not least, pijat wajah juga berguna untuk mencegah datangnya jerawat. Ini karena penekanan pada beberapa bagian wajah secara rutin dapat melancarkan aliran darah yang menurunkan risiko berjerawat.

Meskipun dapat mengurangi jerawat, namun jangan lakukan pijatan saat jerawat sedang meradang, ya.

Lakukan pijatan lembut hanya sebagai perawatan mingguan saja untuk menghindari munculnya jerawat.

 


Ternyata, pijat wajah punya banyak manfaat untuk kesehatan kulit ya.

Mulai dari mencegah kerutan hingga mengurangi risiko berjerawat, semuanya bisa kamu dapatkan jika rutin melakukan facial massage.

Kamu sendiri sudah pernah coba pijat wajah belum? Jika belum, yuk mulai coba tips kecantikan ini!

Kamu bisa mulai menerapkannya setelah penggunaan krim malam saat kulit masih lembap.

Kunjungi Martha Tilaar Shop untuk dapatkan rekomendasi night cream lokal terbaik yang halal, ya!

 


Penulis: Khanza Sabrina Salsabila
Editor: Nana Rohanawati

 

Related posts

Tips Memilih Skincare untuk Usia 40 Tahun ke Atas

Khanza Sabrina Salsabila

Basic Skincare Tips ala Hyram yang Perlu Diingat!

Khanza Sabrina Salsabila

Memilih Skincare yang Tepat untuk Kulit Sensitif

Ratu Rania

Double Cleansing Setiap Hari, Pentingkah?

Khanza Sabrina Salsabila
%d bloggers like this: